PAGARI PANTI SELATAN SIAP LINDUNGI HARIMAU

Hari ketiga pelatihan dan pembentukan PAGARI (Patroli Anak Nagari) Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat diisi praktek simulasi patroli dan simulasi konflik Harimau Sumatra. Tim langsung dibagi dua grup kecil dengan materi yang sama yaitu mengidentifikasi temuan jejak, feses, jerat, dan pertemuan warga yang berprilaku negatif (memasang jebak dan mengambil kayu). Materi terakhir menjadi sangat menarik karena ternyata berkomunikasi memang ada seninya.

Semangat tim PAGARI mengikuti pelatihan di tengah-tengah bulan Ramadhan patut diacungi jempol. Semuanya serius apalagi saat latihan penggunaan aplikasi avenza maps dan pratek pemasangan kamera trap.

Hari terakhir pelatihan ini pun ditutup Wali Nagari Panti Selatan dengan harapan tim PAGARI yang sudah dibekali materi dasar penanganan konflik satwa liar bisa terus didampingi dan terus mendapatkan pembekalan untuk kesiapsiagaan terhadap konflik satwa liar. Konflik bisa terjadi kapan saja dengan kondisi yang tidak pernah kita perkirakan. Tapi pelatihan tiga hari ini akan jadi bekal menuju Nagari Ramah Harimau. (DAN)

Comments

comments

You may also like