ADA 3 BAYI BINTURONG DI HUTAN BUSANG

Masih penasaran dengan jalur orangutan Ucokwati menghilang dari pantauan tim monitoring APE Guardian.  Tim mencoba menelusuri perjumpaan terakhirnya. Topografi yang dilewati cukup bergelombang karena memang sudah mengarah ke hutan lindung. Setelah melalui perjalanan panjang tim memutuskan beristirahat di dekat pohon besar sambil mengecek tempat yang pas untuk pemasangan kamera trap. Ada beberapa bekas cakaran beruang madu di dekat pohon Menggris tersebut.

Perjalanan pun kami lanjutkan, tak lama kemudian terdengar suara pekikan kecil yang terus berulang dalam interval waktu yang singkat. “Suara apa itu?”, tanya Randi. Suara itu terdengar kembali dan terus berulang hingga kami memutuskan untuk mencari sumbernya. Kami pun berjalan perlahan dan mengendap-endap dan melihat ke atas dan terlihatlah makhluk berwarna hitam dengan sedikit rambut putih berkumir di ketinggian 12 meter.

Sambil berusaha mengidentifikasi satwa temuan yang mirip binturong tapi kenapa ikurannya kecil. Kami mengelilingi pohon dan berharap dapat melihat lebih jelas. Kami pun melihat makhluk yang sama di ketinggian 6 meter. Rasa penasaran mengantarkan Randi memanjat pohon agar bisa mendokumentasikan satwa tersebut. Ternyata ada 3 bayi binturong.

Binturong memiliki ciri-ciri rambut berwarna hitam dominan dengan sedikit warna putih seperti uban. Rambut biasanya menumpuk atau lebih tebal pada bagian sekitar belakang telinga. Pada bagian moncong juga memiliki kumis yang panjang berwarna putih. Suara yang dikeluarkan pada saat bayinya berteriak seperti pekikan yang sangat nyaring secara berulang-ulang. Untuk persebarannya ada di Sumatra, Kalimantan dan pulau Jawa. Binturong merupakan salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Permenhut No. P.106 tahun 2018. Untuk status IUCN, binturong berada pada status vulnerable atau rentan dan sewaktu-waktu bisa menjadi punah apabila maraknya perburuan liar untuk perdagangan dan juga perusakan habitatnya terus berlanjut. (RAN)

Comments

comments

You may also like