BAYI ORANGUTAN ITU BERNAMA ARTO

Tiba di Klinik Bornean Orangutan Rescue Alliance diiringi hujan deras, bayi orangutan berusia 9 bulan itu meringkuk kedinginan. Masih mengenakan kaos dan gelang yang melingkar di pergelangan tangannya, tim medis memasukkannya ke kandang dengan gantungan hammock di dalamnya. Bayi ini pun enggan masuk, dan mulai menangis… sangat keras hingga bayi-bayi orangutan yang berada di ruangan terbangun dan menatapnya.

Arto, nama yang penuh makna disematkan padanya. Dari kata harta yang bermakna kekayaan maupun betapa berharganya bayi ini bagi keberlangsungan hutan kedepannya. Arto, bayi yang kehilangan induknya dan terpaksa menjalani hidup seperti bayi manusia, didandani seperti bayi perempuan manusia. “Aku akan menemaninya”, ujar drh. Elise Ballo yang menjemput bayi ini dari pemelihara ilegalnya.

Elise mememeluknya bergantian dengan paramedis Tata. Berjam-jam hingga akhirnya Arto, orangutan jantan ini mulai merasa nyaman dan mau diletakkan di keranjang beralaskan selimut, tetap minta ditemani. Lewat tengah malam, bayi ini pun tertidur. Lelah. (LIS)

Comments

comments

You may also like