APE SENTINEL MENUJU ABELII FEST BATCH 2

Selangkah demi selangkah kegiatan memperingati hari orangutan (World Orangutan Day yang diperingati pada 19 Agustus setiap tahunnya) dilalui. Tim APE Sentinel COP yang berada di kota Medan, Sumatra Utara telah menyusun serangkaian acara yang tentu saja berbeda, bahasa kerennya out of the box lah. Tapi bukan COP kalau tidak begitu. Konservasi orangutan tidak melulu berbicara jurnal atau pun di seminar saja. Konservasi orangutan milik masyarakat luas. Mari berperan untuk melindungi orangutan.

APE Sentinel bersama Kinocolony dan Kurator Personal (Jedi) kembali membahas teknis open call artist, guide open call dan timeline open call seniman. “Kolaborasi Abelii Fest Batch 2 tidak hanya sebatas dengan Kinocolony dan Kurator Personal saja. Kali ini akan melibatkan Sei Design dan bertempat di Pos Bloc Medan, tempat dimana kreatifitas anak muda Medan berkumpul”, jelas Netu Domayni dari APE Sentinel COP.

APE Sentinel adalah tim Centre for Orangutan Protection yang telah bekerja menetap tiga tahun di Medan. Tim ini fokus pada perlindungan orangutan sumatra (Pongo abelii)  dan orangutan tapanuli (Pongo tapalunesis). Ini menjadikan COP, satu-satunya organisasi di luar pemerintahan yang bekerja untuk ketiga spesies orangutan yang ada di Indonesia. Ketiga jenis orangutan yang ada memiliki karakter yang berbeda, satu dengan yang lainnya. Ketiganya adalah satwa liar yang dilindungi dan masuk kategori kritis terancam punah menurut IUCN Redlist. “Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat dengan latar belakang yang beraneka ragam untuk berperan aktif membantu perlindungan orangutan. Konservasi adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya ilmuan atau sebatas pekerja konservasi”, tegas Netu lagi. (BAL)

Comments

comments

You may also like