ESOK PETERNAK BISA MENCARI PAKAN HIJAU DI LOKASI YANG TERSEDIA

Gunung Semeru kembali erupsi pada 4 Desember 2022 lalu. Erupsi kali ini terjadi lebih besar dari erupsi sebelumnya. Periode erupsi susulan sama rutinnya seperti tahun sebelumnya. Kini masyarakat jauh lebih waspada dengan aktivitas vulkanis tapi banyak masyarakat juga yang mengabaikan himbauan erupsi khususnya di daerah red zone atau di zona merah. 

Tim Animal Rescue sudah tiga hari berada di daerah terdampak berat yakni di Desa Kajarkuning. Bersama perangkat desa dan Dinas Peternakan setempat, tim mensosialisasikan bantuan pakan ternak. Rencananya, masyarakat yang mempunyai hewan ternak yang sudah diungsikan ke shelter sementara yang berlokasi di Desa Sumbermujur akan diberikan tempat untuk mencari pakan hijauan untuk ternaknya. Lokasi sumber pakan sebelumnya sudah hilang tertutup aktivitas vulkanik akibat banjir lahar panas yang meluap. 

Lokasi bantuan sumber pakan sementara yang diberikan seluas 2 hektar dan berjarak 3 kilometer dari shelter. Esok hari masyarakat sudah dapat mulai mencari pakan dan tidak ada batasan mengambil jumlahnya namun sekiranya cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Tim Animal Rescue COP tidak menurunkan sikap awasnya di lokasi bencana. Pada periode pengamatan 8 Desember 2022 pukul 00.00-06.00 WIB, Pos Pengamatan Gunung Api Semeru merekam 24 kali letusan/erupsi dan durasi gempa 58-193 detik. “Awan panas, aliran lahar dan lontaran batu (pijar) mengancam keberadaan tim. Semoga semesta melindungi kita semua”, kata Satria Wardhana, kordinator COP di lapangan. (SAT)

Comments

comments

You may also like