ASTO DAN ASIH MENYADARI ANCAMAN

Kedua orangutan ini nyaris tak terpisahkan. Asto dan Asih, kedua orangutan anakan betina ini adalah orangutan yang diselamatkan tim APE Warrior dari kepemilikan ilegal di Jawa Tengah. Dua tahun menghuni pusat rehabilitasi orangutan SRA yang berada di Besitang, Sumatra Utara. Perjalanan keduanya penuh drama dan melelahkan. Kini keduanya memperoleh kesempatan mengasah kemampuannya untuk kembali ke alam. Apa saja kemampuan alami yang baru mereka kembangkan?

Di sela-sela mereka membuat sarang, sesekali Asto dan Asih bermain di pinggir area sekolah hutan yang berbatasan dengan area pulau orangutan. Entah mengepakkan air seperti sedang mengaduk hingga air tersebut keruh, meminumnya langsung, mencuci tangan, atau bermain-main dengan ikan yang berada di air tersebut. Asto dan Asih dengan suka ria bermain air sambil melepaskan dahaga mereka. 

Namun sesekali mereka terdiam seakan melihat sesuatu ke arah pulau orangutan. Keduanya terlihat waspada akan kedatangan sesorang atau waspada akan bahaya. Kejadian ini sering sekali. Karena penasaran, kami pun mengecek pulau orangutan dan menemukan jejak baru. “Bagus Asto dan Asih, kalian mengasah kewaspadaan pada predator tingkat tinggi di hutan Sumatra. Tapi ini membuat kami bergidik. Ternyata kami, Ryan sebagai perawat satwa, Nissa paramedis dan aku (biologist) tengah diintai si ‘nenek’. Seram!”. (BIL)

Comments

comments

You may also like