CHARLOTTE TAK INGIN DITINGGAL DI SEKOLAH HUTAN

Setelah membersihkan kandang, perawat satwa pun membukakan pintu kandang orangutan Charlotte agar dia bisa mengikuti sekolah hutan. Sesampai di sekolah hutan, Charlotte langsung bermain di tanah sambil melihat sekeliling untuk mengetahui apa saja yang bisa dimaininnya. Pandangannya berhenti pada orangutan lainnya yang masih di tanah juga. Charlotte pun mulai mendekati dan mengganggu orangutan itu.

“Dia itu memang sangat santai. Setelah bermain di bawah, Charlotte akan naik ke atas pohon, mencari buah-buahan hutan, tapi kalau tidak ketemu, dia akan cari apa saja yang mungkin bisa dia makan. Pucuk yang muda atau kulit kayu pun dicobanya. Setelah selesai makan di satu tempat dia akan pindah ke pohon yang lain dan mulai makan lagi. Puas mencoba makanan alaminya, dia akan turun ke tanah, bermain sama perawat satwa. Charlotte itu paling suka melihat perawat satwanya, dia pasti akan mengajak bermain perawat satwa yang mencatatnya”, kata Amir, perawat satwa yang bertanggung jawab mengawasi Charlotte.

“Charlotte ini juga paling suka main di akar, lalu diayun-ayunin. Terus turun dan menghampiri perawat satwa yang lainnya, setelah mengamati beberapa saat, dia pergi lagi. Tidak lama lagi, dia akan datang lagi dan duduk di samping perawat satwa. Dia balas mengamati kita”, tambah Amir lagi. “Bosan mungkin dia, terus kayak tadi lagi, pergi dan kembali lagi”. “Entah apa yang membuatnya bolak-balik menghampiri perawat satwa karena setelah aktivitas berulang itu, dia akan memanjat pohon lagi, makan dan menjelajah. Kalau sudah mulai menjelajah, Charlotte sering menghilang, tidak diketahui keberadaannya. Biasanya menjelang masa berakhirnya sekolah hutan hari itu”.

Sekolah hutan bisa berakhir lebih cepat karena hujan deras disertai petir. Tapi kalau menjadi lebih lama biasanya karena orangutan-orangutan masih asik menjelajah atau tak mau turun dan mengabaikan palnggilan pulang. Lama… Charlotte baru menyadari dia ditungguin untuk turun. Amir akan bilang,” Lotte kalau gak turun, tinggal nih”. Habis itu Charlotte nangis, mungkin karena takut ditinggal. Dia pun dengan sendirinya turun dan lari ke perawat satwa lalu memegang tangan perawat satwa. Bahkan dia berjalan lebih duluan sambil memegang tangan perawatnya. Ada-ada aja. (MIR)

Comments

comments

You may also like