KUKIS UNTUK ORANGUTAN

Ada beberapa orang yang tidak menyukai kukis karena tekstur atau rasanya yang manis, berbeda dengan orangutan di Bornean Orangutan Rescue Alliance (BORA). Tidak ada satu pun orangutan di BORA yang tidak menyukai kukis yang rutin diberikan per tanggal 24 di setiap bulannya. Loh?!? Orangutan makan kukis juga…? Bukannya orangutan adalah frungivore atau pemakan buah ya?

Yups… memang orangutan merupakan frungivore atau pemakan buah namun jangan salah, orangutan juga masuk ke ordo primata lo… Insectivores, Frungivores, Herbivores, Gumivores dan Omnivores merupakan kategori makanan primata. Pada dasarnya semua primata merupakan omnivore dengan preferensi dan adaptasi makanan sesuai dengan pilihan mereka.

Jadi mengapa orangutan diberi kukis tiap bulannya? Orangutan memerlukan vitamin dan mineral untuk mendukung daya tahan tubuhnya. Tidak ada orangutan yang dengan senang hati bersedia menelan multivitamin dalam sediaan tablet tanpa rasa. Beda cerita apabila tablet multivitamin ini dicampur dengan sedikit madu dan bubur bayi kemudian dibentuk bolus sehingga tampak seperti kukis. Orangutan sangat menyukai bolus vitamin ini terutama orangutan yang bernama Devi, si gadis kecil mandiri yang mempunyai banyak preferensi makanan.

Orangutan Devi selalu meronta ketika melihat tim medis membawa satu nampan penuh kukis siap disantap menuju ke arah kandangnya. Tangannya meraih keluar untuk menarik baju pembawa nampan, untuk segera diberikan kukis jatahnya. Tanpa sabar mulut orangutan Devi segera mengambil kukis yang diberikan. Tatapan tajam sebelum mendapatkan kukis berubah menjadi tataoan kebahagiaan. Orangutan Devi menikmati kukis disetiap gigitannya. (TAT)

Comments

comments

You may also like