MEMO MENIKMATI ENRICHMENT BAMBUNYA DI POJOK KANDANG

Ingat Memo? Memo, orangutan betina yang tak seberuntung orangutan betina lainnya? Memo yang terpaksa menghabiskan hidupnya di kandang karantina karena penyakit hepatitis yang dideritanya. Hepatitis yang diperolehnya karena tertular dari manusia yang memeliharanya dulu.

Minggu ini, Memo mendapat enrichment bambu. Ruas bambu diisi dengan potongan buah-buahan dan jelly untuk menambah serat kebutuhan tubuh Memo. Memo segera naik ke atas kandang seusai mendapatkan bambu bagiannya. Membelah bambu tanpa tenaga dan menemukan makanannya di dalamnya. 

“Hepatitis yang dideritanya menyebabkannya menjadi orangutan yang tak mungkin dilepasliarkan kembali ke habitatnya. Kita memang berbagi 97% DNA yang sama dengan orangutan. Penyakit kita bisa menular ke orangutan, begitu pula sebaliknya. Jangan foto bersama orangutan, karena zoonosis menghantui kita. Jangan pelihara orangutan karena itu melanggar hukum. Biarkan orangutan menjalankan perannya di hutan, sebagai agen penghijauan alami yang pernah ada.”, ujar drh. Rizki Widiyanti, dokter hewan pusat rehabilitasi orangutan COP Borneo yang berada di Kalimantan Timur.

 

Comments

comments

You may also like