PERDAGANGAN SATWA LIAR MEMICU PENULARAN PENYAKIT

Munculnya virus Corona di kota Wuhan, Cina diyakini berasal dari satwa liar yang diperdagangkan dan dikonsumsi di kota tersebut. Sebelumnya juga ada virus Sars yang juga berasal dari satwa liar. Virus-virus ini menyerang manusia dikarenakan satwa-satwa liar ini, tidak pada tempatnya. Satwa-satwa liar tersebut tidak akan menularkan penyakit ke manusia kalau mereka tidak bersinggungan langsung dengan manusia karena fungsi mereka memang di alam, bukan di kandang rumah atau di meja makan sebagai lauk. 

Setiap satwa liar memiliki perannya masing-masing di alam. Ketika mereka diambil dari alam untuk diperdagangan dan dipelihara di kandang-kandang semput tentu saja mereka akan kehilangan perannya. Salah perlakuan dan stres di kandang akan memicu penyakit-penyakit berbahaya dari satwa liar tersebut yang selanjutnya dapat menularkan ke manusia.

Masih maraknya perdagangan satwa liar berarti kemungkinan penularan penyakit dari satwa liar ke manusia masih sangat mungkin terjadi. Penularan penyakit dari satwa liar tidak hanya melalui daging atau bagian satwa yang dikonsumsi, satwa liar yang dipelihara di rumah tanpa disadari juga bisa menularkan penyakit. TBC, hepatitis, herpes adalah beberapa contoh yang bisa ditularkan satwa liar yang dipelihara di rumah. Penularannya bisa melalui udara, sentuhan, ludah atau gigitan. Penularan penyakit ini tidak hanya dari satwa ke manusia, tapi bisa juga sebaliknya dari manusia ke satwa atau yang lebih dikenal dengan istilah zoonosis. (HER)

Comments

comments

You may also like