UMBUT ROTAN, MAKANAN HUTAN KESUKAAN POPI

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan, rotan memiliki banyak kegunaan. Talinya dapat dibuat menjadi anyaman sementara umbutnya bisa dijadikan makanan yang sangat enak. Umbut rotan memiliki rasa yang sedikit pahit, untuk mengambilnya pun harus hati-hati karena duri rotan sangatlah tajam. Bukan cuma masyarakat sekitar hutan yang menyukai umbut rotan, para orangutan di Pusat Rehabilitasi COP Borneo pun sangat menyukainya.

Siang tadi, kami memberikan umbut rotan. Tim APE Guardian baru saja selesai patroli di kawasan HLSL (Hutan Lindung Sungai Lesan) di Lejak, Kalimantan Timur. Widi, kapten APE Guardian tak pernah lupa membawa umbut rotan untuk orangutan di COP Borneo jika dari Lejak. Semua orangutan mendapatkan bagiannya.

Sepertinya, siang ini Ambon Memo, Michelle maupun Antak sedang malas. Tak satu pun dari mereka yang menyentuh dan membuka umbut rotan. Lain cerita dengan orangutan-orangutan kecil. Ketika umbut rotan dimasukkan ke kandang , dengan segera mereka mengambil dan membukanya. Yang sangat mengejutkan adalah Popi. 

Popi yang selalu terlihat malas dan manja ketika di sekolah hutan, ketika siang tadi diberi umbut rotan di kandang yerlihat tak sabar. Popi langsung menggigit dan membukanya. Bahkan dia tidak ingin diganggu oleh Mary atau orangutan lainnya yang berada satu kandang dengannya. Sepertinya, umbut rotan memang makanan favorit Popi. Di sekolah hutan pun, Popi terlihat mencari dan memakan umbut rotan. (WET)

Comments

comments

You may also like