SELAMATKAN ORANGUTAN WANATIRTA BONTANG

Masih ingatkah kasus tiga orangutan yang terbakar di kelurahan Belimbing, kota Bontang tahun 2016 yang lalu? Pengadilan Negeri Bontang menjatuhkan vonis kepada Andi Sahar, penjara 1 tahun 6 bulan, subsidir 1 bulan dan denda Rp 50.000.000,00 karena sengaja membakar lahan kosong untuk mengusir orangutan.

Lokasi kematian tiga orangutan tersebut berdekatan dengan kawasan hutan Wanatirta. Di kawasan tersebut, pada akhir November 2018, tim APE Crusader menemukan 9 sarang orangutan kelas C. Kelas sarang tersebut diidentifikasi sebagai sarang tua dengan daun yang sudah kering dan berwarna coklat tetapi sarang masih kokoh dan berbentuk.

Tak jauh dari kawasan hutan Wanatirta, sekitar 4 km ada Taman Nasional Kutai yang memang merupakan habitat orangutan. COP menghimbau agar Pemerintah Kota Bontang ikut memperhatikan pelestarian orangutan yang merupakan satwa dengan kondisi kritis terancam punah atau critically endangered (CR). Tak hanya Pemkot Bontang, tetapi semua pihak yang berada di sekitar Wanatirta, Orangutan adalah kebanggaan Indonesia.

Comments

comments

You may also like