REKOR! 130 PELURU DI TUBUH ORANGUTAN

Kondisi luka terbuka baru membuat kami merinding menahan perih. Tak tanggung-tanggung, ada belasan lokasi akibat benda tajam. Lubang-lubang gelap kecil sebesar peluru senapan angin terlihat di beberapa tempat. Orangutan jantan ini meregang nyawa. Otopsi adalah salah satu cara mengetahui penyebab kematiannya. Sebelumnya… mari di rontgen dulu mayat orangutan ini.

“Rontgen. Harus… daerah mata buta karena beberapa titik seperti peluru. Di bagian pipi juga, tangan, kaki bahkan tubuhnya.”, begitu kata drh. Flora Felisitas. Dan setelah hasil rontgen keluar… Kami bergantian menghitung butir peluru yang tertangkap lembaran film satu per satu.

Lembar dada terdapat 17 peluru. Kaki kiri ada 6 peluru. Kaki kanan dengan 10 peluru. Kami pun menghela nafas… dan mulai menghitung lagi dengan lembaran film tangan kiri dengan 14 peluru, lalu tangan kanan terdapat 9 peluru. Saat melihat bagian kepala, peluru-peluru mulai saling menumpuk. Berulang kali kami menghitung, tak yakin dengan hasil hitungan, kami pun menghitung kembali hingga akhirnya mempercayai apa yang telah kami hitung yaitu 74 butir peluru di bagian kepala orangutan jantan yang malang ini.

Tak semudah menghitung butiran peluru di film hasil rontgen. Mengeluarkan butiran demi butiran ternyata jauh lebih sulit. Tim hanya mampu mengeluarkan 48 butir peluru senapan angin. Separuhnya pun belum berhasil kami keluarkan. 130 peluru adalah jumlah terbanyak yang kami temui di tubuh orangutan. Siapakah penembaknya?

Comments

comments

You may also like