MICHELLE TERPAKSA MASUK KANDANG

“Mereka tumbuh menjadi lebih besar… kuat… dan pintar. Kami semakin kesulitan menangani Icel. Dua bulan terakhir ini, Icel terpaksa tidak ke sekolah hutan.”, ujar Wety dengan sedih. Michelle atau lebih sering dipanggil Icel adalah orangutan betina yang berusia 7 tahunan. Dengan tubuhnya yang semakin besar, Icel semakin sulit dikontrol bahkan menyerang animal keeper. Icel juga sering menyakiti orangutan lainnya yang jauh lebih kecil darinya.

Inilah kenyataan di orangutan. Saat masih bayi, semua orang berkeinginan untuk memeliharanya, seperti boneka. Saat orangutan tumbuh besar dan kuat dengan munculnya insting liarnya, maka kebebasannya pun harus berakhir.

Pusat Rehabilitasi Orangutan COP Borneo yang terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur hanya memiliki pulau orangutan pra-rilis untuk orangutan jantan. Orangutan-orangutan jantan yang semakin besar dan mandiri, akan dilepaskan di pulau itu. Sementara untuk orangutan betina, belum memiliki pulau. Para animal keeper secara bergantian memberikan enrichment pada Michelle agar dia tetap senang dan tidak bosan selama di kandang.

Bantu COP untuk berbuat yang terbaik untuk orangutan-orangutan betina yang semakin besar. Selain itu ada orangutan-orangutan yang tidak bisa dilepasliarkan kembali ke alam yang membutuhkan tempat terbaik selain kandang karantina. Mereka tidak bisa dilepasliarkan lagi karena penyakit yang bisa menularkan ke orangutan liar lainnya seperti Memo yang menderita hepatitis.

Comments

comments

You may also like